Klasemen Valentino Rossi dan Hasil Motogp 2015 Race Argentina

Valentino Rossi puas dengan hasil Motogp 2015 yang diselenggarakan di Argentina senin dini hari. Termas de Rio Race direction atau panitia penyelenggara lomba MotoGP Argentina, akhirnya mensahkan kemenangan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin 20/04/15. Sebelumnya Race direction telah meneliti insiden tabrakan yang melibatkan dua pembalap top dunia, Valentino Rossi dan Marc Marquez adalah murni kecelakaan.

Dengan disahkannya keputusan tersebut, membuat Valentino Rossi berhasil meraih podium tertinggi untuk yang pertama kalinya di Sirkuit Termas de Rio Hondo, sekaligus mengokohkan posisi di puncak klasemen MotoGP 2015, dengan mengumpulkan nilai 66 poin atau unggul 6 poin dari pembalap Ducati, Andrea Dovisiozo, yang menempati peringkay ke-2 klasemen sementara pembalap dikelas MotoGP 20015.

Sedangkan sang juara bertahan, dan juara GP Argentina tahun lalu, Marc Marquez, gagal mendapatkan poin tambahannya, setelah terjatuh dan tidak bisa meneruskan balapannya di Sirkuit Termas de Rio Hondo kemarin, harus puas dengan berada di peringkat ke-5 klasemen motogp sementara pembalap, dengan mengumpulkan nilai 36 poin.

Keberhasilan Valentino Rossi di GP Argentina kemarin buah dari pengalaman dan kesabaran seorang The Doctor dalam membalapnya, sehingga membuahkan hasil yang sempurna. Namun kunci pada balapannya kemarin adalah kecermatan seorang The Doctor dalam memilih kompon ban, dimana Rossi dan kebanyakan pembalap lainnya lebih memilih ban bertipe extra hard untuk bagian belakang, dan tipe Hard untuk bagian depan, yang sesuai dengan kondisi sirkuit yang karakternya sangat kasar dan menguras permukaan ban.

Sedangkan Marc Marquez dan pembalap LCR Honda asal Inggris, Cal Crutchlow lebih memilih kompon ban bertipe Hard untuk bagian depan dan belakang. Semula Marquez dan Crutchlow juga memakai kompon ban bertipe extra hard untuk bagian belakang motornya, namun sesaat balapan dimulai, kedua rider tersebut memutuskan untuk mengganti ban belakangnya dengan tipe hard. hanya mereka berdua yang berani melakukan perjudian dalam waktu yang relatif singkat.

Hasilnya pun dapat dilihat dari jalannya balapan kemarin, dimana pada awal balapan Marc Marquez yang memakai ban tipe Hard, sempat meninggalkan jauh para rivalnya dengan selisih waktu 4.1 detik, namun menginjak lap ke-12 Rossi yang memakai ban tipe extra hard mampu mendekat, dikarenakan kompon ban yang dipakai Rossi mulai lunak untuk melakukan akselerasi dan masih cukup keras untuk melakukan manuver ditikungan.

Sementara Ban yang dipakai Marquez mulai aus dan kehilangan daya cengkramnya, sehingga Marquez pun harus terjatuh di dua lap terakhir, akibat bersenggolan dengan Rossi, sehingga Marquez harus kehilangan poin tambahannya, sedangkan Valentino Rossi berhasil menjadi juara di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu 19 April 2015. Ketika itu bannya sudah cukup lunak untuk berakselerasi dan masih cukup keras untuk bermanuver di tikungan, sementara ban Marquez mulai aus dan kehilangan grip atau daya cengkeram. Dan, masih ada 14 putaran tersisa untuk mengejar

0 komentar