Perbedaan Class 2,4,6,10 Pada Memory Card


Setiap orang yang memiliki Smartphones, Mp3 Player, Kamera Digital, DSLR, PSP, dan masih banyak lainnya, memory card pasti menjadi kebutuhan utama untuk menyimpan foto, video, data, dan dokumen. Memang tidak semua smartphone atau gadget menggunakan ‘memory card eksternal’ seperti produk dari Apple. Produk dari Apple memiliki internal storage yang beragam mulai dari 8gb, 16gb, 32gb, dan 64gb. Smartphone lainnya seperti Sony, Samsung, LG, Nexus, Lenovo, Xiaomi biasanya memiliki slot eksternal memory card MicroSD.




MicroSD adalah sebuah memory card yang merupakan tingkatan dari SD card (Secure Digital). MicroSD memiliki ukuran yang sangat kecil, jika di bandingkan hanya sebesar kuku kelingking sehingga mudah untuk di bawa kemanapun dan disimpan. Perkembangan dunia digital membuat vendor memory card untuk mengikuti perkembangan tersebut. Pada tahun 2005 kapasitas tertinggi yang bisa dicapai oleh MicroSD hanya mencapai 128Mb, pada tahun 2014 perkembangan microSD sangat cepat, terdapat kapasitas yang mencapai 128Gb atau setara dengan 1000 kali lipat dibanding tahun 2005.

 
Pada jaman sekarang, MicroSD terdapat tulisan Class di bagian permukaannya. Apakah itu Class? Class 2, 4 ,6, 10, UHS 1, UHS 3. Class dalam microSD merupakan kecepatan transfer data dalam sebuah microSD.




Class 2 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 2Mb/second yang ditandai dengan logo 2 seperti gambar di atas

Class 4 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 4Mb/second yang ditandai dengan logo 4 seperti gambar di atas

Class 6 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 6Mb/second yang ditandai dengan logo 6 seperti gambar di atas

Class 10 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 10Mb/second yang ditandai dengan logo 2 seperti gambar di atas

UHS 1 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 10Mb/second yang ditandai dengan logo 1 namun perbedaannya adalah memiliki fitur seperti Full HD Video Recording, HD Still Image, Continuous Shooting

UHS 3 : Memiliki kecepatan transfer data dengan minimal 30Mb/second yang ditandai dengan logo 3 yang mampu merekam 4K2K Video Recording dan merupakan microSD terbaik hingga saat ini.

Memilih MicroSD dengan kapasitas yang besar / class yang baik memang memiliki banyak kelebihan diantara lain dapat menyimpan gallery foto, video, data , serta melakukan read dan transfer data dengan cepat sehingga ketika ingin mengakses sesuatu yang disimpan dapat dibuka dengan lancar. Namun ada beberapa yang harus diperhatikan jika ingin memiliki memory dengan class yang tinggi berarti harus memperhatikan spesifikasi smartphone yang digunakan, karena harus memiliki spesifikasi yang memumpuni karena membutuhkan bandwidth yang tinggi juga untuk memproses data.

Pilihlah memory card eksternal yang sesuai kebutuhan , jika kebutuhan seperti merekam video dengan resolusi HD atau mengambil banyak foto dengan kualitas tinggi (RAW) disarankan untuk membeli class 10. Jika hanya seperti untuk foto dan menyimpan video cukup menggunakan class 6 ataupun class 4. Karena smartphone sekarang telah dilengkapi dengan fitur merekan video HD, memory dengan class 2 bukanlah pilihan yang tepat karena video HD membutuhkan transfer data yang lebih cepat. Perbedaan harga class 2, 4, 6, atau 10 memang bervariasi namun tidak terlalu jauh.

Jangan salah memilih memory karena sekarang banyak beredar memory yang palsu sehingga kualitasnya sangat jauh berbeda dan tidak memiliki performa yang baik.

0 komentar