Social Engineering


Tidak semua aktifitas hacking (untuk tujuan jahat diistilahkan juga sebagai cracking)memerlukan kemampuan teknis yang teknikal. Ada sebuah teknik yang memerlukan kemampuan sosial bagus, teknik ini dikenal dengan istilah social engineering.

Takedown

Bagi yang pernah menonton film takedown (ada juga yang memberi judul brakedown) dapat melihat bagimana usaha Kevin Mitnick, sekarang menjadi konsultan bidang security, memperoleh dokumen confidential dan juga masuk ke ruangan server. Dalam film tersebut, Kevin Mitnick digambarkan melakukan pendekatan personal untuk mencapai tujuannya. Mengorek tong sampah mencari jadwal jaga, berdandan perlente untuk mengelabui petugas, adalah sebagian usaha personalisasi dan sosialisasi yang dilakukannya.

Peran Jejaring Sosial

Suatu saat nanti, boleh jadi ada orang yang berpura-pura mengenal anda, berteman melalui situs jejaring sosial, dan menghafal profil teman anda. Selanjutnya, datang ke rumah di saat setatus anda “sedang ke luar negeri”, sedikit bincang-bincang dengan penunggu rumah, dan… Apapun dapat saja terjadi.

Langkah Antisipasi

Meminjam istilah intelijen, semakin terbuka diri kita maka akan semakin rentan terhadap serangan. Dalam hal ini, kita perlu secara sadar dan bijak dalam bersosialisasi melalui internet. Meletakkan info pribadi kita pada tempat sembarangan, dapat berakibat berkurangnya privasi kita.

Menanamkan kesadaran berinternet secara sehat terhadap anggota keluarga, akan dapat membantu mengurangi dampak-dampak negatif yang dapat timbul dari aktifitas berinternet. Yang diantaranya adalah tindak kejahatan menggunakan teknik social engineering.

0 komentar