Wawancara Gurbernur DKI jakarta (JOKO WIDODO) Dengan TV AUSTRALIA


Tidak hanya menjadi sorotan media lokal. Rupanya media asing pun tertarik dengan perubahan politik yang terjadi di Jakarta. Berikut adalah cuplikan interview antara ABC Australia denga Gubernur Jakarta, Joko Widodo. Dengan Engliskkromo (Seperti yang disebut beberapa komentar di YouTube, karena kosakata Inggrisnya yang lucu dan pas-pasan) Pak Jokowi menjawab berbagai pertanyaan dengan tipikal gayanya yang santai.





Q: There are several challenges that you want to tackle for this city. When we feel like we're making some progress? (Ada beberapa tantangan yang ingin anda atasi di kota ini, Kapan kita akan merasakan adanya perkembangan?)
A: Yes, Hmmm..There must be a big change yah. And we must be active in promoting the changing. (Ya, Hmmm...Harus ada perkembangan besar yah. Dan kita harus aktif dalam mempromosikan perubahan)

Q: There is big significant gap between rich and poor in this city. How important is it for you to close that gap? (Ada jurang besar antara orang kaya dan miskin di kota ini. Seberapa penting penutupan jurang tersebut bagi anda?)
A: The poor is my concern. Like I told you that there is hmmm.....more than 360 slums area. So we have housing program for slum area. There is open green space. There is also micro library. So I think if we give attention to the poor people, they will give a back also, something to the city. (Orang miskin adalah perhatian saya. Seperti yang saya jelaskan, ada lebih 360 pemukiman kumuh di Jakarta. Jadi kami memiliki program rumah susun untuk daerah kumuh. Akan ada ruang hijau. Akan ada perpustakaan micro. Jadi saya pikir bila kami memberikan perhatian pada orang miskin, mereka akan memberikan masukan, sesuatu untuk kota juga)

Q: City is important for you to help poor people with housing program for instance. (Jadi{pemerintah} kota ini sangat penting bagi anda dalam penanganan program rumah susun?)
A: Yes...and I will give 60-70% of our local budget from Jakarta budget to the poor. For the healthy program, for the education program, for the housing program. Because I want to make the gap they have and they have not, decreasing. (Ya dan saya akan memberikan 60-70% dari budget lokal pada orang miskin. Alokasinya untuk program kesehatan, edukasi dan perumahan. Saya ingin mengurangi jurang yang ada antara kaya dan miskin)

Q: And why important? Is it because as you see it they can give something back to city? (Dan mengapa penting? Karena anda melihat mereka{orang miskin} dapat memberi sumbangsih juga untuk Jakarta?)
A: Yes, because more than 30 year, there is no attention to the poor. Always we gave more than 60-70% our budget to give facilite...facility to the head. And I want to make different. Give our local budget to the poor. (Ya, karena lebih dari 30 tahun, tidak ada perhatian untuk orang miskin. Selalu kita membuang alokasi dana 60-70% justru pada petinggi-petinggi elit. Saya ingin membuat hal yang berbeda. Mengalokasi dana untuk orang miskin)

Q: Moving to something else Pak Joko. Jakarta is the centre of one of world's fastest growing economy. Do you also see your job as making its city a place where it is better to do business? (Beralih ke topik lain Pak Joko. Jakarta adalah pusat dari salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Apakah anda juga melihat pekerjaan ini sebagai kesempatan untuk menjadikan Jakarta tempat berbisnis yang lebih baik?)
A: I want to make a bureaucracy reform about business permit yah. I will make one-stop-service. So, when you ask for business permit. Before, 6 month, 8 month or ten month. And I want only one week maximum. (Saya ingin membuat reformasi birokrasi mengenai ijin bisnis. Saya akan buat one-stop service. Jadi ketika anda mengajukan ijin bisnis. Dulu bisa enam, delapan atau bahkan sepuluh bulan. Sekarang saya mau satu minggu paling lama)

Q: And the you're dealing with many different groups with different relationship to manage. Are you confident you can bring them on board with your vision? (Dan juga anda berhadapan dengan banyak grup dan hubungan yang berbeda untuk ditata. Apakah anda yakin, dapat mebawa mereka selaras dengan visi anda?)
A: It is just communication (Ini mah cuma masalah komunikasi)

Q: Pak Joko Widodo, what is your vision for the city of Jakarta? (Pak Joko Widodo, apa visi anda untuk kota Jakarta?)
A: They can do business here better than the other City. And then, also people in Jakarta, they happy because there is no traffic jam, there is no flooding, there is no poor here. This is our dream...hehehe. (Supaya mereka dapat berbisnis lebih baik dibanding kota lain. Dan juga, rakyat Jakarta, mereka senang karena tidak ada lagi macet, banjir, kemiskinan. Inilah mimpi kami)

Q: So you feel fairly confident about that... (Jadi anda cukup yakin)
A: Yes I am very optimistic. (Ya, saya sangat optimis)

0 komentar